Perilaku Perilaku Meneladani Asma'ul Husna

Contoh Perilaku yang meneladani Asma'ul Husna - Nama dan sifat Allah SWT.yang terdapat di dalam Asma'ul Husna akan memberi pengaruh bagi kehidupan manusia dan makhluk lain. apabila nama dan sifat Asma'ul Husna tersebut di praktikan dalam perilaku sehari hari. nama dan sifat Asma'ul Husna dapat di jadikan landasan perilaku setiap manusia, sehingga kehidupannya akan terasa indah,nyaman,harmonis,akan jauh dari murka Allah swt.

Telah nampak contoh perilaku lengkap sebagai cerminan nama dan sifat Asma'ul Husna di dalam pribadi Rasullulah saw. sehingga umat islam perlu mengambil teladan yang sempurna itu dalam kehidupan sehari hari secara utuh, tanpa mencampuradukkan perilaku manusia di abad modern yang mulai jauh dari ajaran agama. Firman Allah Swt.

4 Contoh Perilaku yang meneladani Asma'ul Husna

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.(Qs Al ahzab : 21)

Kokoh Pendirian

Kokoh pendirian adalah sikap tidak mudah terpengaruh oleh pengaruh pihak lain. karena pendiriannya sesuai kebenaran ajaran islam. sikap kokoh pendirian di sebut juga dengan isthiqomah yang artinya langgeng dan kontinu di dalam melakukan kebaikan dan meninggalkan keburukan.

Setiap Umat Islam hendaklah senantiasa menegakkan, mengamalkan dan membela demi tegaknya ajaran agama islam. sikap ini menjadi bagian akhlakul karimah yang perlu di tegakkan dalam kehidupan sehari-hari. karena perilaku ini sangat di tekankan oleh Allah dan rasul

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqamah, maka mereka akan dibebaskan dari rasa takut dan kesedihan. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (Qs . Al-Ahqof: 13-14)

Agar menjadi penghuni surga, kebaikan yang di lakukan dari hari ke hari harus terus meningkat. kalaupun belum mampu, kebaikan yang telah di lakukan walaupun sedikit perlu di lakukan secara terus menerus

Pemberi rasa aman

Pada saat Abu Bakar As-sidiq berada di dalam gua Tsur untuk menyelamatkan diri dari kejaran orang kafir Quraisy bersama Nabi Muhammad Saw. Ketika sedang hijraj ke madinah, abu bakar As-sidiq menangis karena takut. Nabi mengingatkan Abu Bakar As-sidiq bahwa Allah swt. Menjadmin keaman mereka berdua seraya berkata : "Wahai Abu Bakar. kamu jangan menangis, sesungguhnyya Alah swt selalu bersama kita.

Ucapan Nabi Muhammad Saw. tersebut, mampu memberikan rasa aman kepada Abu Bakar As-sidiq. hal senada terjadi ketika umat islam sedang marah dan meratapi kekalahan perang uhud melawan kaum kafir Quraisy. Malaikat Jibril memberikan penawan kepada Nabi Muhammad saw. di mana malaikat penjaga gunung akan mengangkat gunung Uhud dan di jatuhkan kepada orang orang kafir Quraisy sehingga mereka mati semua.

Nabi menjawab tawaran tersebut dengan bijaksana : "Jangan malaikat Jibril, sekarang Orang orang kafir memusuhi kami lantaran mereka belum tahu, semoga nanti dari anak anak mereka mau beriman, kalau tidak dari anak anak mereka mungkin cucu cucu mereka, sehingga mereka akan bersatu dengan kami." perkataan nambi Muhammad saw. ini mampu menurunkan kemarahan prajurit muslim, sekaligus menumbuhkan rasa aman. perilaku nabi muhammad saw menjadi sumber perilaku yang mampu memberikan rasa aman

Tawakal

Menurut bahasa, lafal tawakal dari bahasa Arab artinya bersandar. menurut istilah, tawakalberarti sikap berserah diri kepada Allah swt. setelaj melakukan usaha secara maksimal. seorang yang bertawakal termasuk orang yang berakhlak mulia. barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka allah akan memberikal jalan keluar dari setiap persoalan hidupnya

Adil

Adil berarti melakukan sesuatu sesuai atura yang berlaku, Bagi umat islam, di katakan berperilaku adil apabila yang di lakukan tetap sesuai dengan hukum islam. sikap adil merupakan bagian akhlakul karimah, sebagaimana Firman Allah Swt :

"sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berperilaku adil dan berbuat kebajikan....(Qs . An nahl/16 :90)

Contoh Perilaku yang meneladani Asma'ul Husna - sudah di bagikan,,, apabila ada kesalahan tolong di maafkan karena saya juga manusia yang dapat salah :)