-->

Menjadi Lebih Percaya Diri pada Saat Public Speaking

Menjadi Lebih Percaya Diri pada Saat Public Speaking - hallo sobat sobat harafi's mulki, apa kabarnya nih semua? semoga semuanya dalam keadaan baik baik saja dan dalam perlindungan dari Allah swt. Aamin, ya robbal 'alamin. pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bagaimana caranya menjadi lebih percaya diri pada saat kita melakukan pembicaraan di depan umum.sebelumnya saya minta maaf yang untuk kesekian kalianya karena sudah jarang memposting artikel artikel.dikarenakan saya sibuk di dunia nyatanya.

Menjadi Lebih Percaya Diri pada Saat Public Speaking
source img from  : linked.com

Public Speaking atau Pembicara di Depan umum merupakan salah satu teknik atau seni berbicara yang harus dimiliki oleh pembicara untuk mampu menarik perhatian audiens. Untuk menarik perhatian audiens, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pembicara selain persiapan materi yang matang. (wikipedia). tapi, kalau menurut saya, berbicara di depan umum adalah suatu hal yang penting, dikarenakan apabila kita mati kutu di depan umum untuk menuangkan ide ide kita, tidak akan berjalan apa yang ada dalam ide ide kita tersebut.

ini adalah pengalaman pribadi saya, tentang menjadi seorang public speaking, tapi ilmu yang saya miliki masih terbilang rendah. saya juga masih perlu belajar lebih banyak lagi. Tapi, tidak ada salahnya bukan kita saling berbagi? apa yang kita miliki kita bagikan kepada orang lain supaya ilmu yang kita punya itu lebih manfaat.

1. Berbicara di depan kaca. Kalau tidak ada kaca, kalian bicara apa saja di depan lemari.

ini adalah langkah awal yang saya lakukan untuk berbicara di depan umum/presentasi di sekolahan. Ini juga merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan rasa percaya diri kalian, di karenakan kalian akan terbiasa melihat orang yang ada di hadapan kalian dengan melihat diri kalian sendiri.

2. Menyiapkan Materi dengan Baik

yang kedua ini tidak kalah pentingnya dari yang pertama tadi, kalian harus menyiapkan materi sebaik baiknya, dikarenakan apabila kalian tidak punya materi yang baik, ataupun tidak mempunyai hal yang ingin di bicarakan di depan public sebagai hal yang tidak penting, maka audiens pun menganggap materi kalian juga tidak penting

3. Memikirkan kata dengan cepat setelah apa yang kalian ucapkan (buku yang saya baca)

ini memang terasa sangat sulit, rasanya kalian tersendat sendat pada saat ingin berbicara didepan umum, itu dikarenakan kalian tidak punya banyak kata yang ingin kalian lontarkan, cobalah berfikir untuk melanjutkan kata demi kata apa yang ingin kalian ucapkan. sebagai contoh, saya ngomong kalimat " saya disini ingin ..... " dan setelahnya saya harus memikirkan materi apa yang saya akan bawakan dengan melanjutkan " membawakan sebuah presentasi ....".

4. Memperhatikan semua Audiens.

Membuat audiens penting di dalam sebuah pembicaraan yang kalian lakukan adalah suatu keharusan, di karenakan apa yang kalian ingin bawakan itu di dengar oleh para audiens, saya pernah mencoba untuk sesekali melihat keatas pada saat saya berbicara, dan selang beberapa waktu. saya terus melihat keatas, pada saat saya mulai melihat audiens, langsung ada yang ngobrol dengan temannya. ini membuktikan bahwa audiens ingin juga di perhatikan pada pembicaraan. dengan cara melihat barisan barisan mereka di tempatkan. cobalah sesekali menengok kekanan, kekiri dan kedepan. *jangan melihat ke atas !!

5. Mengungari kata "A..." seperti tersendat.

ini akan sangat menggangu audiens untuk mendengan pembicaraan yang kalian lakukan, kata "A..." tidak sepenuhnya akan menghilang, tapi kalian dapat meminimalisirkan kata "A...". caranya apabila kalian tidak tau apa yang ingin kalian bicarakan atau hilang kata yang ada di dalam fikiran kalian, kalian boleh diam untuk sejenak dan berfikir, jangan melakukan kata "A..." karena itu sangat mengganggu, saya sudah melihat teman saya mengucapkan kata "A..." dalam pembicaraannya itu sekitar 10xan atau mungkin lebih, dan saya cape juga mendengar apa yang dia katakan.

6. Beri mereka kesempatan bertanya (bila kalian presentasi)

yang terakhir adalah memberikan kesempatan pertanyaan kepada audiens tentang materi yang kalian bawakan, dengan adanya sesi tambahan, kalian bisa lebih mengasah kemampuan public speaking kalian. dikarenakan apabila kalian harus menjawab apa yang di pertanyakan oleh sang audiens, kalian harus berfikir cepat apa yang ingin kalian lontarkan kata demi kata untuk si audiens tersebut.

7. Memakai Diksi dalam sebuah kalimat yang ingin kalian sampaikan

Diksi merupakan pemilihan kata yang tepat dalam membuat suatu kalimat yang memiliki pengungkapan arti yang bertujuan agar mudah dipahami oleh semua audiens, misal kalian orang jawa, dan pembicara kalian orang jakarta, yang notabene tidak bisa memakai bahasa jawa. kalian harus pintar" memasukkan Diksi yang tepat pada pembicaraan yang kalian lakukan.

Menjadi Lebih Percaya Diri pada Saat Public Speaking - Public speaking sangat penting erat kaitannya dengan Wibawa seseorang tersebut disini saya juga membahas bagaimana kalian mempunyai wibawa. Membangun Wibawa Seseorang dengan Efektif.

Kiat Kiat berbicara di depan umum - mungkin itu ilmu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, apabila kalian ingin menambahkan tips tips membangun percaya diri dalam public speaking kalian boleh berkomentar di bawah, dan apabila kalian masih kurang tidak mengerti, kalian boleh tanyakan apa saja. semoga ilmu yang saya berikan bisa bermanfaat bagi kalian semua yang ingin mengasah seni public speaking.

Related Posts

2 komentar

  1. Kalau ane sih tinggal pasang rasa PD setinggi-tingginya aja, jangan gugup, kalau gugup malah ga tau mau ngomong apa

    Ga perlu hafalin, ngomong mengalir aja asal sesuai target :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman orang beda beda :D.. itu si pengalaman ane hehehe.. gimana enaknya aja wkwk

      Hapus

Posting Komentar

1. Komen yang baik
2. Komen yang tidak mengandung dengan spam
3. Komen yang tidak mengandung SARA
4. Komen sesuai Topik bahasan

Blog Dofollow Page Rank 2, Di anjurkan comment dengan URL/Komentar

Subscribe Our Newsletter