-->

Meneladani Nilai Nilai Juang para Perumus Dasar Negara

Tokoh tokoh Meneladani Nilai Nilai Juang para Perumus Dasar Negara -  Dasar Negara adalah pegangan suatu negara yang menjadi sumber dari semua sumber hukum dan tata tertib hukum yang berlaku dalam negara tersebut.Pada hakikatnya Dasar Negara disebut sebagai filsafat negara, untuk lebih mengenal tentang dasar negara, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari filsafat itu sendiri, kata filsafat berasal dari kata “philsof” yang berarti sahabat, cinta, dan kata “sophia” yang berarti kebijaksanaan, kebenaran, belajar. (dikutip dari : http://www.softilmu.com/2015/01/Pengertian-Fungsi-Dasar-Negara-adalah.html)

Meneladani Nilai Nilai Juang para Perumus Dasar Negara
source img : https://andicep.wordpress.com/2011/08/16/sejarah-lahirnya-pancasila-sebagai-ideologi-dan-dasar-negara/


Perumusan dasar negara indonesia merupakan hasil kerja keras yang melibatkan banyak tokoh. Tokoh tokoh tersebut telah berjuang dengan tulus dan ikhlas untuk merumuskan dasar negara. Para perumus dasar negara yang patut diteladani nilai nilai pejuangnya antara lain sebagai berikut.

a. Ir. Soekarno

Ir. Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur pada tanggal 6 juni 1901. Ayahnya bernama Raden Sukemi Sasrodiharjo yang masih keturunan Raja Kediri. Ibunya bernama Ida Ayu nyoman Rai yang masih keturunan bangsawan Bali. Soekarno muda ketika menjadi mahasiswa di Sekolah Teknik Bandung (sekarang ITB) membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI). Pada kongres PNI Pertama, Soekarno terpilih sebagai ketua PNI. Kegiatan politik soekarno muda tidak disukai belanda sehingga ia sering di penjarakan. Meskipun demikian, soekarno tidak pada semangat untuk berjuang memerdekakan indonesia.

 source img : wikipedia

Pada zaman pendudukan jepang, soekarno diminta jepang mengobarkan semangat bangsa indonesia agar bersedia membantu melawan sekutu. oleh karena itu, soekarno bersama dengan Drs. Moh Hatta, Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara (Empat serangkai) ditunjuk sebagai pemimpin organisasi putera (Pusat Tenaga Rakyat). Namun, oleh tokoh empat serangkai, putera justru dimanfaat untuk menggembleng watak bangsa indonesia agar lebih cinta dan rela berkorban untuk tanah airnya.

Menjelang kemerdekaan indonesia, soekarno berjuang di dalam organisasi BPUPKI dan PPKI. Soekarno menyumbangkan pemikirannya dalam pembentukan dasar negara indonesia mereka yang disebut dengan pancasila pada lembaga BPUPKI. Soekarno juga dipercaya menjadi ketua PPKI yang dipersiapkan untuk membentuk indonesia merdeka. Puncaknya, Soekarno bersama Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 mengumandangkan proklamasi kemerdekaan indonesia atas nama seluruh bangsa indonesia. Meskipun bangsa indonesia telah merdeka, perjuangan soekarno tidak berhenti sampai disitu, Pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Soekarno terpilih dan dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Soekarno wafat pada tanggal 20 juni 1970 diusia 69 tahun dan di makamkan di blitar jawa timur. pada tahun 1986 oleh pemerintah indonesia Soekarno dan Hatta dianugerahi gelar sebagai Proklamator Indonesia.

b. Drs. Moh Hatta

Mohamamad Hatta lahir di Bukit tinggi, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902. Mohammad Hatta lebih dikenal sebagai bung Hatta adalah sosok yang santun, rendah hati, taat beragama, dan jujur di masa mudanya, pada tahun 1921 hatta menuntut ilmu di  sekolah tinggi ekonomi (Handels Hogere Schools) di Rotterdam, belanda. Di negeri belanda. Hatta, menjadi ketua perhimpunan indonesia, suatu organisasi pergerakan mahasiswa yang memperjuangkan kemerdekaan indonesia.

Akibatnya aktivitasnya. Hatta pada tanggak 24 september 1927 ditangkap pemerintah belanda dengan tuduhan menjadi anggota organisasi terlarang dan menghasut orang untuk menentang pemerintah belanda. pada sidang pengadilan di Den Haag Belanda. Hatta di tuntut tiga tahun penjara. Hatta membacakan pembelaanya yang berjudul "Indonesia Vrij", artinya indonesia merdeka. pada sidang itu, Hatta dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan.

Bung hatta kembali ke indonesia dan tetap menjalankan aktivitas mencapai kemerdekaan indonesia. Akibatnya, pada tahun 1942. Hatta ditangkap pemerintah kolonial belanda dan dibuang ke Boven, Digul, Papua. Ia di bebaskan setelah jepang masuk dan menduduki indonesia. Menjelang kemerdekaan indonesia, bung hatta aktif dalam mempersiapkan kemerdekaan indonesia. Ia juga menjadi anggota BPUPKI dan juga PPKI

Pada tanggal 17 agustus 1945 bung hatta bersama dengan soekarno mengumandangkan proklamasi kemerdekaan indonesia. Pada tanggal 18 agustus 1945, PPKI menetapkan dan melantik hatta sebagai wakil presiden republik indonesia mendampingi soekarno. Bung hatta wafat pada tanggal 14 maret 1980 dan dimakamkan di pemakaman umum Tanah kusir, jakarta. Pada tahun 1982 oleh pemerintah ia di berikan gelar sebagai Proklamator Indonesia.

c. Mr. supomo

Mr supomo dilahirkan pada tanggal 23 januari 1903 di Sukoharjo, Jawa Tengah, supomo muda bersekolah di Europeesche Lagere School (setingkat SD) dan lulus tahun 1917. selanjutnya ia melanjutkan ke Meer Uitgebreid Larger (setingkat SMP) di solo dan lulus tahun 1920. setelah lulus dari smp supomo kemudian berangkat ke jakarta meneruskan pendidikan Rechtsschool (sekolah umum) dan lulus tiga tahun kemudian.

Supomo setahun kemudian mendapatkan kesempatan belajar di Universitas Leiden dan memperoleh gelar Meester In Rechten (Mr.) dan doktor ilmu hukum. selama belajar di negeri belanda, supomo ikut organisasi perhimpunan indonesia. setelah pulang dari negeri belanda, supomo menjadi ahli hukum. karena supomo ahli maka jepang menunjuknya untuk mengepalai departeman kehakiman.

 source img : wikipedia

Mr. Supomo aktif dalam BPUPKI. dalam sidang BPUPKI pada tanggal 21 Mei 1945 Supomo mengajukan konsep dasar negara indonesia merdeka. Supomo juga aktif menjadi ketua panitia kecil bagian dari panitia perancang undang undang dasar. ketika indonesia merdeka. supomo diangkat menjadi mentri Kehakiman. Ia juga pernah menjadi duta besar republik indonesia untuk inggris. Supomo meninggal pada tanggal 12 september 1958 di jakarta dan dimakamkan di solo, atas jasa jasanya. pemerintah indonesia menetapkan mr supomo sebagai pahlawan kemerdekaan.

d. K.H Agus salim

K.H Agus salim lahir di kota Gadang, Bukit tinggi, Sumatra Barat pada tanggal 8 oktober 1884. ia seorang yang sangat cerdas dengan penguasaan bahasa asing yang sangat luar biasa. ia menguasa enam bahasa asing yakni, Bahasa prancis, inggris, jerman, jepang, turki dan arab. Agus salim pernah menjadi ketua Partai Sarekat Islam indonesia tahun 1929. bersama Semaun mendirikan persatuan pergerakan buruh pada tahun 1919. mereka gigih menuntut kepada pemerintah kolonial hindia belanda agar membentuk Dewan Perwakilan Rakyat (Volskraad).


 source img : wikipedia 
Menjelang proklamasi Kemerdekaan. K.H agus salim termasuk salah satu anggota panitia sembilan dalam BPUPKI. Ketika masa kemerdekaan, K.H agus salim dipercaya menjadi menteri dalam negeri pada kabinet Syahrir I dan II. beliau juga pernah di tunjuk sebagai mentri luar negeri dalam kabinet hatta. Perjuangan beliau di dalam negeri maupun luar negeri sangat luar biasa. ia meninggal pada tanggal 4 november 1954 dan dimakamkan di taman makam pahlawan kalibata, jakarta. pada tahun 1961 pemerintah indonesia mengangkat beliau sebagai pahlawan pergerakan nasional.

e. K.H Abdul Wahid Hasyim

K.H Abdul Wahid Hasyim dilahirkan di jombang, jawa timur pada tanggal 1 juni 1914. beliau putera dari K.H Hasyim Asy'ari, ulama pendiri Nahdatul Ulama. Abdul wahid hasyim muda menimba ilmu di pesantren pesantren termasuk di pesantren tebu ireng milik ayahnya, abdul wahid adalah seorang otodidak. ia mempelajari ilmu pengetahuan dengan cara membaca buku buku ilmu pengetahuan lainnya sehingga mempunyai wawasan pengetahuan yang luas.

Pada tahun 1935 beliau mendirikan madrasah modern dengan nama Nidzamiya. beliau juga termasuk tokoh ulama yang kharismatik seperti ayahnya. karena ketokohan dan wawasannya yang luas, ia ditunjuk sebagai ketua pengurus besar Nahdatul Ulama. Abdul wahid juga termasuk salah satu anggota panitia sembilan dalam BPUPKI dan juga anggota PPKI. Abdul wahid mempunyai peranan penting dalam perumusan dasar negara. ia bersama dengan tokoh islam lainnya. menyetujui adanya perubahan rumus sila pertama dari pancasila.

f. Mr. Mohammad Yamin

 Mr. mohammad yamin lahir di Tawali, Sawuhlunto, Sumatra Barat pada tanggal 23 agustus 1903. Moh yamin muda memiliki rasa nasionalisme yang sangat besar. hal itu dibuktikannya dengan bergabung pada organisasi Jong Sumatranen Bond (JBS) serta indonesia muda. Moh yamin sering mengkritik pemerintah kolonial hindia belanda. karena keberaniannya dan kritikannya yang sangat tajam, maka belanda mencabut beasiswa yang diberikan kepadanya. namun, moh yamin tidak gentar menghadapinya, pidato dan kritikan tajam serta ajakannya untuk bersatu melawan penjajah, dikemukakannya pada kongres pemuda II di jakarta. Dalam menjabat sebagai sekertasi panitia kongres.

Menjelang kemerdekaan, Moh yamin aktif dalam BPUPKI. pada tanggal 29 mei 1945, Moh yamin menyumbangkan pemikirannya tentang dasar ia juga terlibat dalam panitia sembilan di BPUPKI. Moh yamin memberi nama hasil rumusan dasar negara yang dihasilkan panitia sembilan dengan jakarta Charter atau piagam jakarta. Setelah indonesia merdeka, moh yamin menjadi anggota komite nasional indonesia Pusat (KNIP). ia pernah menjabat sebagai ketua badan perencanaan pembangunan nasional, mentri penerangan pada kabinet kerja III. Moh yamin meninggal pada tanggal 17 oktober 1962. jenazahnya dimakamkan di tanah kelahirannya Talawi, Sawahlunto. pada tahun 1972 pemerintah indonesia menetapkan moh yamin sebagai pahlawan pergerakan nasional.

Meneladani Nilai Nilai Juang para Perumus Dasar Negara - mungkin itu saja yang dapat saya sampaiakan kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. mohon di maafkan apabila ada typo. karena saya mengambil sumber dari buku. terimakasih kepada wikipedia yang telah memberikan foto foto tokoh perumusan dasar negara

Sumber artikel : Buku sekolah

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter