-->

Jadwal Mata Pelajaran UN dan USBN tingkat SMA, SMK, SMP tahun 2017

Jadwal Mata Pelajaran UN dan USBN 2017 untuk SMA, SMP, SMK - Hallo semuanya, apa kabar kalian disana? semoga semua dalam keadaan baik baik saja ya. aamiin, dan semoga kalian di beri ketahabahan dengan adanya tambahan kelulusan yaitu USBN. akhir akhir ini kita sering mendengar tentang desas desus yang tengah di perbincangkan oleh masyarakat luas. Khususnya murid murid sederajat SMA SMP dan SMK. Karena pemerintah tengah gencar gencarnya melakukan penambahan syarat kelulusan dengan adanya USBN atau kepanjangan dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

source img : meredeka.com

Muhadjir. Effendy selaku mentri pendidikan dan kebudayaan kelahiran Madiun, jawa timur tahun 29 juli 1956 ini bertekat untuk menciptakan generasi yang terdidik serta pintar dalam generasinya. Banyak pro kontra dalam menanggapi hal ini. Sifat Pro lebih condong karena lebih mengasah pengetahuan anak murid. sedankan yang kontra lebih condong ketidak sanggupannya terhadap ujian ujian tersebut karena tidak siap menjalaninya.

Panik? Jelas, saya sebagai murid SMA di salah satu sekolah negri di jakarta jujur panik setengah mati (lebay) mendengar adanya tambahan ujian USBN tersebut. saya tidak habis fikir bagaimana nantinya saya bisa siap tidak siap karena di canangkan pada saat semester 2. Kalau masih baru kenaikan kelas 11 ke kelas 12 it's okey, masih bisa dikejar.

Kebijakan mengganti UN dengan USBN akan tambah menakutkan bagi murid murid sederajat SMA SMK dan SMP karena syarat kelulusan bersekolah dari Semua mata pelajaran yang diujikan. ini sangat membuat kami para murid pusing mendengarnya. ketidak sanggupan dan depresi yang nantinya akan kita terima, meski sistem berjalan. namun sumber daya manusianya tidak sanggup maka akan menambah beban dari SDM nya tersebut.

Dan sebelumnya kita tahu bahwa UN tingkat SMA terdapat 6 mata pelajaran yang di ujikan yakni, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan 3 Pelajaran lintas minat (IPA/IPS). dan di UN 2017 tahun ini akan berbeda, yakni hanya ada 4 mata pelajaran yakni, Bahasa indonesia, Bahasa inggris, Matematika, dan kita memilih 1 pelajaran lintas minat yang di anggap sangat kuat dalam bidangnya. Namun, dalam USBN tingkat SMA ada 6 mata pelajaran yang di ujikan. sama seperti UN tahun lalu, hanya saja ditambah dengan mata pelajaran Agama, PPKN, dan Sejarah.

Untuk Mata pelajaran tingkat SMP, tidak jauh berbeda dengan UN tahun lalu, hanya saja ada penambahan yakni adanya USBN yang diujikan dengan mata pelajaran seperti PPKN, IPS, dan AGAMA. ini akan menjadi salah satu tanggung jawab setiap siswa SMP karena kaget mendengar adanya penambahan mata pelajaran yang di ujikan.

Dan untuk di tingkat SMK tidak ada yang berubah, namun di tambah dengan USBN dengan mata pelajaran yang akan di ujikan yakni ada PPKN, AGAMA, dan Keterampilan Komputer. jadi saya akan membuat tabel yang membuat kalian lebih memahami apa yang kita bicarakan di bawah ini. simak dengan seksama agar tidak adanya kekeliruan


Jadwal UN dan USBN 2017 :

Jenjang UN USBN
SMP 1. Matematika
2. Bahasa Indonesia
3. Bahasa Inggris
4. IPA
1. Pendidikan Agama
2. PPKN
3. IPS
SMA 1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. Bahasa Inggris
4. 1 Mapel Pilihan Sesuai Jurusan
1. Pendidikan Agama
2. PPKN
3. Sejarah Umum
4. 3 Mapel Sesuai Program Studi Siswa
SMK 1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. Bahasa Inggris
4. Teori Kejuruan
1. Pendidikan Agama
2. PPKN
3. Keterampilan Komputer

  
Jadwal Persiapan dan Pelaksanaan UN dan USBN 2017 :
 
  1. Kisi-kisi UN dan USBN selesai dibuat : 21 Desember 2016
  2. Pelatihan narasumber tingkat provinsi : 31 Januari 2017
  3. KKG/MGMP selesai menyusun soal mandiri : 15 Maret 2016
  4. Perakitan dan distribusi master soal ke sekolah : 1 April 2017
  5. Pelaksanaan UN SMK : 3-6 April 2017
  6. Pelaksanaan UN SMA/MA : 10-13 April 2017
  7. Pelaksanaan UN SMP/MTs gelombang I : 2, 3, 4, 15 Mei 2017
  8. Pelaksanaan UN SMP/MTs gelombang II : 8, 9, 10, 16 Mei 2017

Jadwal Mata Pelajaran UN dan USBN tingkat SMA, SMK, SMP tahun 2017 - UN dan USBN adalah momok yang menakutkan bagi setiap murid, mungkin ada beberapa yang tidak takut. namun, saya yakin dari itu semua ada yang terbesit dalam jiwa/raganya ada rasa takut tidak bisa mengerjakan keseluruhan dengan nilai yang baik karena adanya tambahan mata pelajara yang akan di ujikan nantinya.

Semoga apa yang di canangkan mentri baru, yakni Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.AP akan merubah wajah pendidikan di indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya, perubahan tidak membuat kami takut, hanya saja apa yang dirubah harus menjadikan semua elemen murid menjadi lebih baik kedepannya.

Saya berharap dengan adanya perubahan ini indonesia bisa mencetak generasi bangsa yang bisa bersaing di dalam negri sendiri ataupun di dalam dunia internasional. dan terimakasih kepada website aldhi.net yang sudah membagikan jadwal UN dan USBN tingkat SMA,SMK,SMP

Related Posts

Subscribe Our Newsletter