Macam Macam Gerak Benda beserta Contohnya

Pengertian , Macam Macam Gerak pada Benda dan Contohnya - Gerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Benda tak hidup pun dapat bergerak jika ada yang menggerakannya. Contohnya, anak berlari, burung terbang, katak melompat, bola menggelinding karena ditendang, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, dan sebagainya. Mengapa benda dapat bergerak? benda dapat bergerak karena ada tenaga yang menggerakannya.

6 Macam Gerak pada Benda.

Gerak benda dapat terjadi dengan berbagai cara. Ada yang bergerak dengan berlari, ada yang bergerak dengan berjalan, ada yang bergerak dengan terbang, ada yang bergerak di atas air, ada yang bergerak cepat, ada yang bergerak lambat dan sebagainya. Benda yang dapat bergerak cepat, antara lain, sepeda motor, mobil, dan pesawat terbang. Benda yang bergerak lambat antara lai, jarum jam, daun rontok, dan siput berjalan.

Berikut akan kita pelajari bermacam macam gerak pada benda. antara lain, jatuh, mengalir, memantul, menggelinding, berputar dan tenggalam.

1. Jatuh

Macam Macam Gerak Benda beserta Contohnya
source img : http://sharecool.blogspot.co.id/2


Mengapa benda dikatakan jatuh? pernakah kamu jatuh? Bagaimana arah geraknya? apa yang menyebabkannya? Jatuh menurut KBBI adalah (terlepas dan) turun atau meluncur ke bawah dengan cepat karena gravitasi bumi (baik ketika masih dalam gerakan turun maupun sesudah sampai ke tanah dan sebagainya.

Ambil sebuah pensil dan letakkan di atas meja. Kemudian dorong pensil tersebut dengan tanganmu!. Apakah yang terjadi? Bagaimanakah kedudukannya? Pensil akan berpindah kedudukannya dari atas meja menjadi ke bawah meja.

Jadi, Benda dikatakan jatuh apabila kedudukannya atau letaknya berubah dari atas ke bawah. Mula mula pensil berada di atas meja, kemudian jatuh ke bawah meja karena ada tenaga yang menggerakan pensil tersebut sehingga terjatuh.

2. Mengalir

source img : http://pixabay.com

Tahukah kamu dari mana asalnya air sungai? Air sungai berasal dari mata air di pegununggan atau berasal dari air hujan. Air sungai kemudian mengalir ke laut yang letaknya lebih rendah. Adanya perbedaan ketinggian antara pegunungan atau sungai dengan laut menyebabkan air dapat mengalir. Jadi, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Air yang mengalir deras merupakan bentuk energi yang sangat besar. Energi yang sangat besar tersebut dapat dimanfaatkan manusia untuk membuat Pengembang Listrik Tenaga Air (PLTA). yang menyebabkan Air Mengalir dari tempat tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah. Oleh karena itu, jika membuat tandon air untuk disalurkan ke keran, maka posisi tandon sebaiknya lebih tinggi daripada posisi keran. Apa tujuannya? Agar air dapat mengalir kekeran dengan mudah

3. Memantul

source img : https://sainsforhuman.blogspot.co.id


Pernahkah kamu melemparkan bole ke arah dinding? Bagaimanakah arah bola yang mengenai dinding tersebut? setelah bola membentur dinding, bola akan kembali kepadamu, bukan? Gerakan itulah yang disebut dengan memantul

Gerakan memantul pada benda ternyata menimbulkan gagasan pada manusia. Berdasarkan gagasan tersebut, terbentuklah berbagai benda atau kegiatan yang memiliki dasar gerak pemantulan kegiatan yang telah tersebut, antara lain, olahraga basket, olahraga voli, permainan bola bekel dan olahraga tenis.

4. Menggelinding

source img : http://atjehmeurunoe.blogspot.co.id/

Contoh benda yang bergerak dengan cara menggelinding, antara lain, bola dan kelereng. Jika kamu menendang bola, maka bola akan bergerak ke arah tertentu. Gerak menggelinding menyebabkan kedudukan benda tersebut berubah.

Pernahkah kamu bermain kelereng? Coba saat bermain kelereng, perhatikan gerak yang menggelinding pada kelereng! Kelereng tersebut akan merubah kedudukan dari tempat teman mu melemparkannya menjadi mengarah ke arah tertentu.

5.Berputar

source img : https://elvitria.wordpress.com


Pernahkan kamu melihat kincir angin? Bagaimanakah gerakannya? Pernahkah kamu menggunakan kipas angin saat udara di dalam rumah mu terasa panas? Bagaimanakah gerakannya? Gerakan kincir angin dan kipas angin tersebut di namakan berputar. Contoh dari gerakan berputar antara lain Kincir angin, Roda, kipas angin dan lain sebagainya.

Benda umumnya berputar pada atau porosnya. Benda yang berputar cepat dapat menimbulkan energi yang besar. Misalnya, putaran yang cepat pada turbing pembangkit listrik dapat menghasilkan energi listrik. Listrik tersebut digunakan untuk membantu aktivitas manusia sehari hari.

6. Tenggelam

source img : http://health.detik.com

Pernahkah kamu berpikir, mengapa kapal yang begitu besar dapat terapung diatas air, sedangkan sebuah paku yang kecil malah tenggelam di dalam air? Apakah yang menyebabkannya? karena ada Massa jenis yang berbeda dari kapal dengan paku tersebut. yang menyebabkan kapal bisa mengapung.

Peristiwa tenggelam dan terapung itu juga dialami oleh anak anak yang sedang berenang dan menyelam. Suatu saat anak anak tersebut dapat menyelam sampai ke dasar kolam (tenggelam), kemudian mereka naik ke atas permukaan air (melayang lalu mengapung)

Macam Macam Gerak Benda beserta Contohnya - Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. apabila kalian ingin bertanya. silahkan bertanya di komentar. dan apabila kalian ingin mengcopy artikel ini, kalian di haruskan untuk memberikan link yang mengarah ke artikel asli. Sekian dan terimakasih.
Tag : Pengetahuan
Back To Top