-->

Jenis Jenis Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Macam Macam Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui - Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang keberadaannya di alam selalu tersedia, dapat didaur ulang atau dapat dihasilkan kembali. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui diantaranya adalah air, udara, hewan dan tumbuhan. Berdasarkan asalnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui menjadi dua macam, yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati.

a. Sumber Daya Alam Hayati

 

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup misalnya tumbuhan, hewan dan hasil pertanian atau perkebunan.

1. Hewan

source img : contohmajas.blogspot.com

Hewan di indonesia dapat di golongkan menjadi dua, yaitu hewan liar dan hewan piaraan. Hewan liar adalah hewan yang hidup di alam bebas dan dapat mencari makan sendiri. Hewan liar tidak bergantung kepada makanan yang diberikan manusia. Ia hanya bergantung kepada makanan yang disediakan oleh alam. Beragam jenis hewan liar yang terdapat di indonesia antara lain berbagai jenis burung, ikan dan serangga. Beberapa di antara fauna tersebut dilindungi oleh undang undang dan dimasukkan kedalam kategori satwa yang dilarang untuk diperjualbelikan.

Hewan piaraan adalah hewan yang diperilahara manusia untuk sekadar hobi atau kesenangan semata, misalnya burung perkutut, marmut, kucing dan kakak tua. Hewan ternak ialah termasuk hewan piaraan yang dikembangbiakkan untuk kemudian di manfaatkan atau diperjualbelikan hasilnya.

Jenis hewan yang diternakkan terdiri atas tiga jenis, yaitu hewan besar, hewan sedang, dan unggas. Contoh hewan yang digolongkan sebagai hewan besar, yaitu sapi, kerbau dan kuda. Beberapa hewan yang digolongkan sebagai hewan sedang ialah kambing, domba, dan kelinci. Adapun jenis unggas yang banyak diternakkan orang, misalnya ayam, bebek dan burung puyuh.

Hewan ternak dimanfaatkan daging, kulit, susu, telur, bulu, dan tenaganya. Hewan yang dimanfaatkan dagingnya misalnya sapi, kambing, ikan dan ayam. Hewan yang dimanfaatkan tenaganya misalnya kerbau dan kuda. Hewan yang dimanfaatkan telurnya misalnya ayam, itik dan burung puyuh. Sapi jenis tertentu dapat diambil susunya untuk memnuhi kebutuhan manusia.

Hewan termasuk kekayaan alam yang dapat diperbarui karena hewan dapat terus dibudidayakan dengan cara dikembangbiakkan. Untuk hewan hewan langka bahkan sudah sering diadakan pembiakan buatan. Hal ini dimaksudkan agar hewan tersebut tidak punah dari muka bumi. Sangat disayangkan bila hewan langka yang merupakan kekayaan alam di indonesia itu punah.

2. Tumbuhan

Sumberdaya alam berupa tumbuhan sangat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia. Tumbuhan yang ada bisa ditemukan dihasilkan dari hutan, lahan pertanian, dan perkebunan.

a. Hasil hutan

source img : https://www.pinterest.com/primanata/hutan/

Hutan merupakan sebuah areal luas yang ditumbuhi beraneka ragam pepohonan. Dilihat dari arealnya, hutan dapat dibagi sebagai berikut

1. Hutan lindung, yaitu hutan yang berfungsi melindungi tanah dari erosi, banjir dan tanah longsor. Dengan cara seperti itu, kesuburan tanah dan area resapan air senantiasa terjaga.
2. Hutan produksi, yaitu hutan yang berfungsi untuk menghasilkan berbagai produk industri dan bahan perlengkapan masyarakat, seperti kayu lapis, mebel, bahan bangunan dan kerajinan tangan.
3. Hutan wisata, yaitu hutan yang ditujukan khusus untuk menarik para wisatawan domestik (dalam negri) maupun wisatawan mancanegara.
4. Hutan suaka alam, yaitu hutan yang berfungsi memelihara dan melindungi flora dan fauna.

Dari sumber daya hutan banyak dihasilkan berbagai jenis kayu seperti rotan, pinus, jati, damar, mahoni, dan cendana. Selain itu, tersedia pula aneka jenis hewan, bunga dan tumbuhan lain yang secara langsung maupun tidak langsung bermanfaat pula bagi manusia.

Jika kita mampu mengelola dengan bijaksana, hutan akan terus menyediakan hasil yang dibutuhkan manusia. Boleh saja hutan, khususnya hutan produksi atau hutan tanaman industri (HTI) ditebang, asal penanaman kembali harus segera dilaksanakan. Para penebang harus bisa memilih jenis pohon yang memang sudah pantas ditebang. Selain itu, para pengusaha dan para penebang pohon juga harus mampu memilih kebutuhan dari hasil hutan yang diperlukan.

Penebangan hutan secara liar dan kebakaran hutan di indonesia banyak terjadi karena tindakan dari orang orang yang sangat tidak bertanggung jawab

b. Pertanian hingga saat ini masih menjadi sektor andalan bagi bangsa indonesia. Hal ini dikarenakan kebanyakan penduduk indonesia mempunyai mata pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Oleh karena itu, negara indonesia dikenal pula sebagai negara agraris.

Pertanian di indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan, antara lain padi, jagung, kedelai, sayur sayuran, cabai, bawang, dan berbagai macam buah buahan seperti jeruk, apel, mangga dan durian. Hasil pertanian itu bisa diperoleh melalui penanaman di lingkungan rumah atau pembudidayaan di lahan lahan perkebunan yang luas.

Hasil pertanian tidak akan ada habisnya sepanjang kita dapat mengolah tanah pertanian dengan baik dan benar. Tumbuhan harus senantiasa diberi air yang cukup dan bila perlu diberi pupuk. Kesehatan tumbuhan harus mendapat perhatian hingga menjelang musim panen tiba.

c. Perkebunan

Jenis tanaman perkebunan yang ada di indonesia meliputi karet, cokelat, teh, tembakau, kina, kelapa sawit, kapas, cengkih dan tebu. Beberapa jenis di antara tanaman perkebunan itu merupakan tanaman ekspor yang menghasilkan devisa atau tabungan bagi negara. Ekspor hasil peerkebunan indonesia dilakukan ke beberapa negara, antara lain Inggris, Belanda dan Jepang.

b. Sumber daya Alam non Hayati

 

Sumber daya alam non hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari bukan makhluk hidup misalnya air, udara dan barang tambang logam.

1. Air

source img : http://www.republika.co.id


Air sering digunakan oleh manusia untuk berbagai kepentingan, seperti irigasi, memasak, mencuci, minum, olahraga, serta pembangkit tenaga listrik. Sumber daya air bisa berasal dari sungai, laut dan danau. Dari ketiga sumber daya air tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia, antara lain sebagai berikut.


a. Untuk sarana transportasi, misalnya Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, Gillimanuk, Tanjung Priok, Batam, Tanjung Perak, dan Pelabuhan Belawan.

b. Untuk rekreasi dan pariwisata, misalnya Anyer, Kuta, Carita, Pelabuhan Ratu, Parangtritis, Pangandaran. Pemandian air panas simpang balik (Aceh), Danau Kerjali (Jambi), Sungai barito dan lain sebagainya.

c. Untuk kepentingan pembangkit listrik tenaga air (PLTA), misalnya Saguling dan Jatiluhur di Jawa Barat, Asahan di Sumatra Utara, Karangkates di Jawa Timur, Danau Maninjau di Sumatra Barat, dan Sadang di Sulawesi Selatan.

2. Tanah

Tanah adalah lapisan kulit bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan batuan dan bahan organik yang hancur oleh proses alamiah. Bahan organik merupakan bahan sisa makhluk hidup yang telah mati. Oleh karena itulah tanah termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Tanah yang subur banyak di manfaatkan untuk pertanian. Tanah tanah yang subur biasanya terdapat di dataran rendah yang merupakan wilayah endapan sungai. Tanah ini disebut dengan tanah endapan atau tanah aluvial.

Pertanian mengupayakan tanaman pangan, seperti padi, jagung dan sagu, palawijaya yang terdiri dari ubi ubian dan kacang kacangan dan hortikultura yang meliputi berbagai jenis sayran dan buahan.

3. Udara

Udara sangat diperlukan setiap makhluk hidup untuk pernapasan. disamping itu udara juga dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga seperti terjun payung dan gatole. Para nelayan pun menggunakan udara melalui tenaga angin untuk penggerak pelahu layar.

Udara mudah bergerak. Udara yang bergerak dan berpindah tempat disebut angin. Lapisan udara memenuhi ruang di permukaan bumi. Udara yang menyelimuti bumi disebut atmosfer. Udara teridiri dari berbagai gas. Bagian gas yang membentuk udara terbanyak adalah nitrogen, lalu oksigen, argon, karbon dioksida, neon, helium, ozon, hidrogen, kripton dan kumpulan gas lain.

Jenis Jenis Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Sekian dan terimakasih sudah berkunjung ke website ini.

sumber artikel ini : buku pelajaran sekolah 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter