-->

Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia

Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia - Coba amati, apakah di sekolah kalian telah memiliki tata tertib sekolah? Kehidupan dalam sekolah kalian dapat diibaratkan sama dengan kehidupan suatu negara, keduanya memiliki peraturan. Kehidupan di sekolah di atur melalui tata tertib sekolah, sedangkan kehidupan dalam suatu negara diatur dengan konstitusi atau Undang Undang Dasar.

Setiap bangsa yang merdeka akan membentuk suatu pola kehidupan berkelompok yang dinamakan negara. Pola ini dalam bernegara perlu diatur dalam suatu naskah berupa aturan hukum tertinggi dalam kehidupan NKRI yang dinamakan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

source img : http://www.tugassekolah.com/

UUD NKRI 1945 berisi aturan dasar kehidupan bernegara di Indonesia. Kedudukannya sebagai hukum yang paling tinggi dan fundamental sifatnya, karena merupakan sumber legitimasi atau landasan bentuk bentuk peraturan perundang undangan di bawahnya. Sesuai dengan prinsip hukum yang berlaku universal, maka semua peraturan perundang undangan yang berlaku di indonesia tidak boleh bertentangan dan harus berpedoman pada UUD NKRI 1945.

Sebagai warga Negara indonesia, kita patuh pada ketentuan yang terdapat dalam UUD NKRI 1945. Kepatuhan warga negara terhadap UUD akan mengarahkan kita pada kehidupan yang tertib dan teratur.

Sebaliknya apabila Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tidak dipatuhi, maka kehidupan bernegara kita mengarah pada ketidakharmonisan. Akibatnya, bisa terjadi perang saudara. Siapa yang dirugikan? semua warga negara indonesia. Bahkan mungkin bubarnya NKRI. Marilah kita berkomitmen untuk melaksanakan Undang Undang NKRI 1945 tersebut.

Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia - mungkin itu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Sumber ini dari buku PKN yang di terbitkan oleh kurtilas. sekian dan terimakasih

sumber artikel ini : buku pelajaran sekolah 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter